Sabtu, 06 Juli 2013

antara pulau langit "SKYPIEA" dan INDONESIA

coba deh perhatikan pada saat mugiwara pirates berada di pulau langit skypiea. Ada banyak keanehan dan kebetulan dalam chapter itu yang memiliki hubungan dengan negeri indonesia. Apalagi setelah membaca kata 'mantra' yang merupakan Istilah Indonesia dipakai Oda Sensei untuk 'kemampuan khusus' Enel dan anak buahnya. Saat itu juga aku mulai memperhatikan dengan seksama semua detail kecil sepanjang Arc Jaya dan Arc Skypiea. Entah benar atau tidak, Berikut List 'kemiripan' yang ditemukan dari Arc itu dengan Negara qta, INDONESIA. :)

Mantra
adalah bahasa Indonesia. Kamus besar bahasa Indonesia (2001) mengartikannya sebagai susunan kata yang berunsur puisi (seperti rima dan irama) yang dianggap mengandung kekuatan gaib, biasanya diucapkan oleh dukun atau pawang untuk menandingi kekuatan gaib yang lain . Untuk english sendiri 'mantra' diartikan 'Magic Formula', 'spell' atau 'Incantation'. Mantra hanya dipakai di Bahasa Indonesia. Jadi sudah selayaknya qta mengatakan Oda Sensei menggunakan Istilah Bahasa Indonesia bukan? :D

Jaya - Irian Jaya
Jaya, Pulau dengan bentuk tengkorak bukankah namanya terlalu serupa dengan Irian Jaya? Irian Jaya adalah propinsi di pulau Papua, Indonesia dengan bentuk seperti Burung. Mungkinkah dari hal itu Oda jadi terinsipirasi Ide cerita pulau berbentuk tengkorak yang terbelah dua? Jangan pernah melupakan kalau Pulau irian sekarang terbagi dua, Indonesia dan Papua Nugini. Bentuk Pulau Papua sendiri mirip dengan gambar seekor burung, dengan bagian timur merupakan bagian badan, dan bagian barat merupakan bagian kepalanya, oleh karena itu bagian ini sering disebut juga sebagai daerah kepala burung (vogelkoop/ birdhead). Mungkin tidak ada hubungannya, tapi siapa yang bisa menjamin? :D

Bongkahan gunung Emas di Pulau Jaya, dan gunung Ersberg (tambang emas terbesar di dunia) di Irian Jaya
Norland menceritakan ke Raja Lyneel tentang sebuah 'gunung' Emas terdapat di Pulau Jaya. Setelah mereka kembali ke sana ternyata emas itu telah menghilang. Entah kebetulan atau tidak, dalam sejarahnya Indonesia tepatnya Irian Jaya memiliki Gunung emas sebagai Tambang Emas Terbesar di dunia, Gunung Ersberg. Gunung ini berlimpah emas, bahkan dahulu emas bisa ditemukan di permukaan tanahnya tanpa perlu menggali. Dalam sejarahnya (sampai sekarang) tambang ini dikuasai oleh Freeport dari Amerika Serikat. Bahkan ada istilah "Amerika Serikat' dibangun oleh emas Papua (silahkan Searching Google). Dalam cerita, Emas suku Shandia juga dieksploitasi oleh Enel untuk membangun Maxime.

Batik dan celana ENel
Well, semua pasti sadar celana Enel memiliki motif Batik. XD Entah motif jenis apa (saya bukan ahli batik).


Telinga Enel danTelinga Suku Dayak
Memang telinga Enel panjang, mirip telinga Budha. Tapi saat melihatnya aku langsung menghubungkannya dengan telinga suku dayak lo. Kenapa? Karena Aq tinggal di Kalimantan, walaupun bukan Suku Dayak. XD. Dan saat Q searching di Google ternyata Q dapati gambar orangtua suku Dayak yang begitu menyerupai Style enel. Kopiah putih menjadi topi renang putih, Telinga panjang yang serupa dan memakai Anting. XD hahaha, Q rasa bukan kebetulan, iyakan Oda Sensei?

Nora-Anacondas
Anaconda sebenarnya sangat identik dengan Hutan Amazon, bahkan terkenal dengan filmnya 'Anaconda'. Tapi saat melihat NORA(anaconda) membesar karena 'hidup beratus tahun dan berada di daerah dengan gravity lebih rendah', ko rasanya mirip dengan cerita sequel ANacondas 'Hunt of the Blood Orchid'? Di situ Anacondanya membesar karena bisa hidup ratusan tahun setelah memakan Nlood Orchid. XD Mirip Lo. Dan jangan lupa setting tempat film itu adalah Pulau Kalimantan, Indonesia! Dan Sebenarnya Legenda tentang Ular Raksasa ini dari dulu sudah ada di Suku Dayak Kalimantan Timur. Mereka mempercayainya sebagai Naga karena mereka 'katanya' melihatnya memiliki Tanduk. XD


Southbird dan Burung Tingang
Burung Tingang atau keluarga burung rangkong (Bucerotidae/Hornbill) dikenal oleh masyarakat asli di Kalimantan terutama suku dayak sebagai burung yang memiliki keelokan dan keindahan. Burung ini hadir menjadi inspirasi dari beberapa gerakan atau nama tarian dari masyarakat dayak di Kalimanatan pada umumnya. Nah, Lihat kemiripannya dengan Southbird? Memiliki dua Benjolan aneh menyerupai jambul di kepala, dan paruh besar. Mirip bukan?


Nama Laki dan Aisha
Laki? Sekali lagi bahasa Indonesia untuk Pria. XD Mungkinkah karena 'Laki' di Skypiea merupakan petarung dan seperti Pria Oda menamakannya sebagai 'Laki'. Dan satu lagi, Aisha adalah Nama yang populer di Indonesia sebagai negara Mayoritas Islam, diambil dari nama Siti Aisha (Aisah) Istri Nabi Muhammad SAW.

Tropical Hotel di Jaya
Tropical Hotel di One Piece merupakan hotel yang berada di Pulau Jaya. Qrasa nama "tropical" sangat identik dengan indonesia. Dan saat Q searching di Google ternyata ada Tropical Hotel di Bali. :D Konsepnya agak mirip walau tidak bisa dikatakan serupa.

0 komentar:

Poskan Komentar

 

Bab yang hilang © 2008. Design By: SkinCorner